Header Ads

APA ITU SKRIPSI?

Untuk setiap mahasiswa S-1 tentunya akan berhadapan dengan mata kuliah SKRIPSI. Skripsi merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Namun sebelumnya mahasiswa akan dibekali dengan mata kuliah Metodologi Penelitian (METLIT) dan pengetahuan lain. Metlit sendiri merupakan mata kuliah bertujuan membahas hal-hal yang berkaitan dengan penulisan sebuah Karya Ilmiah. artinya Metlit merupakan sebuah pintu utama sebelum masuk pada tahap penyusunan Skripsi

Permasalahan pokok dalam penyusunan skripsi itu bukan terletak pada seberapa tinggi persentase kita menguasai mata kuliah Metlit dan pengetahuan lain, tetapi terletak pada seberapa kreatif kita mendapatkan sebuah ide-ide serta mampu mengembangkan ide-ide tersebut menjadi sesuatu yang layak untuk dijadikan judul skripsi. Inilah merupakan sebuah alasan mengapa Skripsi itu dikatakan sulit.

Untuk itu pada kesempatan ini penulis akan memaparkan beberapa tips dalam mendapatkan judul skripsi. Tapi sebelumnya penulis akan memaparkan sedikit tentang "Apa itu skripsi"

SKRIPSI adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku (wikipedia).

Skripsi sendiri merupakan salah satu mata kuliah untuk mahasiswa yang S-1 serta merupakan sebuah Tugas Akhir. Artinya, sebelum mengontrak mata kuliah Skripsi mahasiswa tersebut sudah lulus dari mata kuliah lain.

Selama satu semester mahasiswa yang bersangkutan hanya akan berhadapan dengan Mata kuliah Skripsi. bukannya itu hal yang mudah dan cepat. Ya, memang pada kenyataanya selama satu semester kita hanya akan berhadapan dengan skripsi tapi itu tidak semudah seperti yang dibayangkan. Penyusunan skripsi harus melewati beberapa tahap-tahap penting yaitu sebagai berikut :

1. Proposal : pada tahap pertama kita akan berhadapan dengan Tiga BAB yaitu BAB I : Pendahuluan, BAB II : Kajian Teori dan BAB III : Metode Penelitian. (Jika dosen pembimbing akademik menyetujui tiga bab ini maka mahasiswa yang bersangkutan akan lanjut pada tahap yang kedua)

2. Hasil Penelitian : memang pada tahap ini mahasiswa akan berhadapan hanya dengan dua BAB yaitu BAB IV : Hasil Penelitian dan BAB V : Kesimpulan. tetapi ini merupakan hal tersulit dalam penyusunan skripsi. 

Kembali pada pokok permasalahan penyusunan skripsi yaitu seberapa kreatif kita mendapatkan sebuah ide srta mengembangkannya, maka penulis akan memberikan beberapa tips untuk para calon mahasiswa dan para mahasiswa yang berhadapan dengan Skripsi.


Mulailah dari mencari sebuah Permasalahan dan Solusi bukan sebuah Judul
Kebanyakan mahasiswa terlalu fokus pada judul skripsi, hal inilah merupakan langkah awal yang salah. mengapa demikian karena hal terpenting dalam sebuah penulisan skripsi bukan terletak pada judul yang diangkat tetapi bagaimana mengatasi sebuah masalah-masalah yang berkaitan. Artinya, sebuah judul bergantung dari masalah yang diangkat peneliti. untuk itu, mulailah dengan mencari sebuah masalah-masalah yang otomatis berkaitan dengan jurusan yang dipilih. Misalnya Peneliti memilih jurusan Pendidikan Fisika. Permasalahan yang dididapat berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah-sekolah ialah "Kurangnya Minat atau Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran fisika" . Setelah Masalah didapat maka lanjut pada mencari Solusi yang tepat untuk menghadapi permasalahan tersebut.

Angkat sebuah Judul yang menarik
Setelah permasalah dan solusi didapat, pilihlah sebuah judul yang menarik dan tidak terlalu mainstream.
Jangan Pernah Bosan dengan Revisi
Kebanyak mahasiswa tertunda kelulusannya karena bosan Revisi yang disuruh oleh Dosen pembimbingnya. Sebenarnya rasa bosan yang datang bukan karena revisi atau sebagainya, tetapi dikarenakan kurangnya referensi atau literatur-literatur. untuk itu saya anjurkan perbanyaklah sebuah referensi atau rujukan karena ini nantinya akan sangat membantu. hal ini bisa didapat dari Skripsi atau jurnal dari senior-senior yang ada diperpustakaan.
Yakinkan dalam diri bahwa kita bisa
Untuk mereka yang belum behadapan dengan skripsi memang takkan pernah memahami seberapa sulit Mata Kuliah ini. Setiap mahasiswa pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda dalam penyusunan skripsi untuk itu tanamkan niat dalam hati serta yakinkan diri bahwa kita mampu melewatinya.

Semoga Bermanfaat.

1 comment:

Powered by Blogger.