PENILAIAN PROYEK
Pengertian Penilaian Proyek
Komponen/kegiatan
yang perlu dinilai: penyusunan disain atau proposal, unjuk kerja, produk
(barang/jasa), penyajian hasil/produk, dan laporan tertulis. Dalam penilaian
projek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:
Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan pada tahap appraisal.Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan.
Langkah-langkah
penilain proyek
- Tentunkan berbagau jenis proyek atau tugas yang akan dilakukan.
- Buat jadwal proyek dimulai, dan akan berakhir.
- Berikan contoh ke peserta didik beberapa sampel proyek yang telah selesai.
- Upayakan siswa dapat mengembangkan kriteria untuk menilai kualitas sejumlah proyek yang telah selesai, dari segi penampilan, temuan maupun informasi
- Mengajarkan siswa menggunakan rubrik.
- Upayakan siswa dapat menyelesaikan proyek sesuai jenjang waktu yang telah diberikan.
Kelebihan dan
kekurangan
1.
Meningkatkan motivasi
2.
Meningkatka kemampuan pemecahan masalah
3.
Meningkatkan kolaborasi
4.
Meningkatkan keterampilan mengelola sumber
5.
Meningkatkan skill
1. Kebanyakan permasalahan dunia nyata tak terpisahkan
dengan masalah kedisiplinan, untuk itu disarankan mengajar dengan cara melatih
dan menfasilitasi peserta didik menghadapi masalah.
2. Memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan masalah.
3. Memerlukan biaya ekstra.
4. Banyak peralatan yang harus disediakan.
Contoh
Proyek
I.
Standar Kompetensi
Menerapkan Hukum Fluida dalam kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi
dasar
Membuat suatu karya yang berhubungan dengan Hukum
fluida
III.
Indikator
1.
Merancang karya yang akan dibuat.
2.
Mengidentifikasi alat dan bahan yang diperlukan.
3.
Membuat karya
4.
Menguji hasil rancangan.
IV.
Langkah
kerja
1.
Guru bersama siswa menentukan karya yang akan dibuat.
2.
Siswa melakukan pembagian tugas melalui diskusi dalam
kelompok masing-masing.
3.
Siswa menyiapkan alat, bahan dan asesoris yang
diperlukan.
4.
Siswa merancang dan membuat karyanya.
Contoh RPP
Penilaian Proyek
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Poigar
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : XI/II
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Memformulasikan hukum dasar
fluida statik
·
Menerapkan hukum dasar fluida
statik pada masalah fisika sehari-hari
·
Memformulasikan hukum dasar
fluida dinamik
·
Menerapkan hukum
dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat (Sesuai dengan Penelitian)
·
Kreatif
·
Kerja keras
·
Rasa ingin tahu
B.
Materi Pembelajaran
(Sesuai
dengan penelitian)
C.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : konvensional berbasis penialain proyek
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
- Kegiatan Pendahuluan
-
Absensi
-
Motivasi
dan Apersepsi
-
Guru
menyampainkan tujuam pembelajaran
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
1. Guru
menyimpulkan hubungan antara karya dengan materi yang dibuat.
2.
Guru
mengisi rubrik dan menetukan kelompok yang mendapat nilai tertinggi
Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy
ReplyDeleteterima kasih sangat membantu bagi kami yang jarang mengikuti pelatihan
ReplyDelete