Header Ads

SIAPA ITU MAHASISWA?


“SIAPA ITU MAHASISWA”

Mungkin sebagian kita atau lebih sudah mengetahui tahu siapa itu mahasiswa tapi tidak dengan peran dan keharusan menjadi seorang mahasiswa.
Mahasiswa adalah gelar untuk seseorang yang secara resmi terdaftar sebagai pelajar di perguruan tinggi baik itudi  universitas, institut atau akademi.  Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri, mengapa?? Karena selain statusnya yang lebih tinggi, mahasiswa juga merupakan harapan kedepan sebagai pemegang amanah yang diharapkan mampu membawa dampak positive baik untuk pribadi, keluarga, masyarakat atapun negara tercinta ini.
Seorang mahasiswa harusnya lebih aktif, cerdas, mudah berbaur dengan lingkungan dan mampu memberikan solusi setiap masalah yang dihadapi baik itu dari pribadi ataupun lingkungannya. Dalam hal ini mahasiswa dituntut bukan hanya kaya akan pengetahuannya saja tapi juga harus mandiri dan bijaksana dalam segala situasi.
 Seorang mahasiswa membutuhkan  lebih dari sekedar kecerdasan intelektual. Mengapa?? Bukannya Intelektual sudah lebih dari cukup untuk membangun bangsa.. Jawabannya Tidak.!! Kecerdasan intelektual hanya akan membawa sedikit lebih cepat tapi takkan mampu menyentuh sebuah garis finish. Jika kecerdasan inteltual sudah lebih dari cukup, mengapa masih banyak seorang sarjana, doktor, ataupun proffesor yang harus berurusan dengan lembaga hukum?? Mengapa masih banyak seorang sarjana yang hingga kini masih pengangguran?? Jawabannya karena mereka kurang akan kecerdasan emosinya.
Kecerdasan emosi yang menurut Prawitasari (1995) adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia.
Dengan adanya kecerdasan emosi mampu membuat seseorang bertahan pada suatu pendirian teguh, akan mampu membuat seseorang takut melakukan sebuah kesalahan yang melanggar norma atau etika serta mampu membuat seseorang lebih bijaksana.
Kesimpulannya, menjadi seorang mahasiswa tak sebercanda seperti yang dibayangkan, amanah yang begitu berat dan keharusan yang perlahan sengaja dilupakan menjadi tolak ukur sulitnya menjadi seorang mahasiswa.

No comments

Powered by Blogger.