Header Ads

PENJELASAN GAMBAR DALAM UANG RUPIAH

Uang merupakan sesuatu yang sangat penting dijaman modern saat ini, siapapun membutuhkannya dalam melakukan segala transaksi jual beli.

Tampilan gambar pada uang merupakan tempat apresiasi terhadap para pahlawan, kebudayaan  dan keindahan alam suatu negara.

Pergantian tampilan uang suatu negara tidak akan berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi selagi benyaknya penyebaran uang masih tetap sama.Di indonesia sendiri pergantian tampilan uang sudah menjadi suatu yang lumrah bagi masyarakat.

Selama beberapa dekade terakhir tampilan mata uang di indonesia telah banyak mengalami perubahan, hal ini sejalan dengan keputusan presiden republik indonesia.

Cetakan uang dari waktu kewaktu lebih dipercantik dan diperkaya dengan teknologi terbaru seperti dipasangnya kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect). Pada pecahan Rp. 100.000 terdapat sepasang strip sebagai blin code, pecahan Rp. 50.000 dipasang dua pasang strip dan pada pecahan Rp. 1.000 terdapat tujuh pasang strip.

Pecahan kertas uang rupiahpun saat ini susah untuk dipalsukan karena telah melalui proses-proses sebagai berikut :
  • Color Shifting yang membuat tampilan uang menjadi berbeda ketika dilihat dari sudut pandang yang lain karena perubahan warna secara kontras. 
  • Rainbow feature ada teknologi yang membuat uang akan memunculkan gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal jika dilihat dari sudut pandang tertentu.
  • Latent Image adalah teknologi yang membuat uang menampilkan gambar berupa teks BI dibagian depan dan angka nominal bagian belakang juka dilihat dari titik tertentu.
  • Ultra Violet Feature adalah teknologi yang membuat tampilan uang berpendar jika dibawah sinar Matahari. Keran bukan??
  • Rectoverso adalah teknologi yang membuat uang harus diterawang lebih dulu agar bisa melihat jelas logo BI.
    Seiring kemajuan teknologi pergantian tampilan uang memang bukan merupakan sesuatu yang baru namun itu adalah bentuk apresiasi dan benar-benar memberiskan refreshing fisik pada uang tersebut.

    Gambar pada tiap mata uang mempunyai makna yang berbeda-beda, ada yang berguna sebagai tanda mengapresiasikan jasa para pahlawan, menunjukkan kekayaan alam serta keberagaman budaya yang ada di indonesia.

    Berikut adalah foto-foto tampilan uang berdasarkan gambar aslinya

Rp.5000 Rp.1000 Rp. 500 Rp.100 dan  Rp. 50

Rp. 10.000; Candi Borobudur

Rp. 5000; Rumah Tradisional

Rp. 10.000; Foto Jenderal Sudirman

Rp. 1000; Seni dan Kebudayaan

Rp. 100; Rumah Tradisonal

Rp. 500; Bunga Bangkai

Rp. 100.000; Gedung MPR dan DPR

Rp. 50.000; Salah Satu Destinasi Wisata di Pulau Bali

Rp. 100.000; Foto Pengibaran Bendara Merah Putih

Rp. 1000; Pahlawan Kemerdekaan

Rp. 500;

Rp. 20.000; Tanaman Cengkih

Rp. 100;

Rp. 50.000; Bandara Soekarno-Hatta

Rp. 1000; Pemandangan alam indonesia

Rp. 10.000; Keindahan Alam

Rp. 10.000; R.A Kartini

Rp. 5.000; Alat Musik Tradisional



Rp. 5.000; Proses Penganyaman Batik

No comments

Powered by Blogger.